Cara Mengatasi Wifi Lemot dan Penyebab Paling Umum

Cara Mengatasi Wifi Lemot - Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan paling penting bagi kehidupakan masyarakat modern sekarang ini. Internet hadir dengan memberikan banyak kemudahan bagi pengguna. Apalagi semakin diperlengkap dengan kehadiran smartphone, membuat internet semakin tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat modern. 


Tidak hanya sekedar hiburan saja, koneksi internet juga bisa digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari browsing informasi, bersosial media, sebagai sarana bisnis berbasis online, hingga bermain game online. Setidaknya ada 2 cara untuk mendapatkan koneksi internet tersebut, yakni melalui kuota data seluler dan juga jaringan Wifi. Jaringan Wifi diklaim lebih cepat dan stabil dibandinkan data seluler. Namun, ternyata tidak jarang juga koneksi internet dari jaringan Wifi terasa lambat atau lemot. Lantas, bagaimana cara mengatasi Wifi lemot tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Penyebab Koneksi Wifi Lemot yang Paling Umum


Sebelum lanjut ke cara mengatasi Wifi lemot, perlu Anda tahu terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, nantinya Anda akan lebih mudah untuk mengatasi masalah tersebut dan mencegahnya agar tidak terjadi lagi. Adapun penyebab jaringan Wifi lemot selengkapnya, sebagai berikut: 

  • Perangkat router bermasalah. Koneksi wifi biasanya menggunakan alat pemancar agar bisa diterima oleh perangkat lain. Pemancar tersebut dikenal dengan nama router. Mungkin saja sudah terjadi masalah pada perangkat router tersebut sehingga menyebabkan koneksinya lambat. 
  • Kabel LAN putus. Selain router, periksa juga apakah kabel LAN yang tersambung ke router tersebut dalam keadaan baik atau sebaliknya. Bisa saja kabel LAN terputus atau terkelupas karena dimakan tikus atau faktor lainnya. Cek juga bagian konektor LAN, apakah masih dalam keadaan baik atau sebeliknya. 
  • Posisi router yang kurang tepat. Menaruh router di ruangan yang tertutup atau terhalang benda lain, juga bisa menyebabkan koneksi internet yang diterima oleh perangkat menjadi terbatas. Alhasil membuat koneksinya tersebut lemot. 
  • Terlalu banyak pengguna yang terhubung ke jaringan Wifi. 
  • Sudah melebihi batas pemakaian wajar atau FUP.
  • Mengunduh file dengan kapasitas yang cukup besar. 

Cara Mengatasi Wifi Lemot yang Paling Ampuh


Setelah mengetahui apa saja penyebab jaringan Wifi lemot, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasinya, yakni: 

1. Restart perangkat


Cara yang pertama untuk mengatasi Wifi lemot yakni dengan melakukan restart perangkat, baik itu router, HP, ataupun laptop. Terutama untuk router, Anda perlu melakukan restart agar performanya kembali maksimal sehingga koneksi interet kembali normal. 


Untuk merestart router sangat mudah, cukup tekan tombol Power On/Off yang ada dibekalang bodinya. Tunggu beberapa saat, kemudian hidupkan kembali router tersebut. Masih tetap lemot? Kalau begitu Anda perlu melakukan reset router. Caranya dengan mencolok bagian lubang reset yang ada dibelakang bodi router menggunakan tusuk gigi. 

2. Mengganti LAN atau konektornya


Jika koneksi Wifi lemot disebabkan oleh kabel atau konektor LAN yang bermasalah, maka Anda perlu melakukan penggantian pada perangkat tersebut. Gantilah kabel LAN dan konektornya dengan yang baru.

3. Memindahkan posisi router

Seperti yang dijelaskan di atas, menaruh router di tempat yang salah juga bisa menyebabkan koneksinya melambat. Sebaiknya Anda taruh router Wifi di tempat yang tidak terhalang oleh apapun dan posisinya agak tinggi. Misalnya saja ditaruh di ruang tamu atau ruang keluarga. 

4. Menghentikan proses download file besar


Jika ternyata Anda sedang mengunduh file besar dan butuh koneksi Wifi cepat untuk urusan lain, sebaiknya hentikan terlebih dahulu proses download tersebut. Dengan demikian, koneksi Wifi akan kembali cepat dan stabil. 


Itulah tadi beberapa cara mengatasi Wifi lemot beserta penyebab yang paling umum. Semoga informasi di atas bermanfaat.