Cara Mengetahui Password Wifi Lewat CMD di Laptop

Cara Mengetahui Password Wifi - Salah satu cara agar bisa terhubung ke internet yakni dengan mengubungkan PC atau laptop ke jaringan Wifi. Namun, karena alasan tertentu beberapa pengguna tidak memilih memasang Wifi di rumahnya. Salah satunya karena biaya bulanan pasang Wifi yang terbilang cukup mahal. Bagi pelaku bisnis, mungkin hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah. Tetapi, berbeda untuk para pengguna biasa yang membutuhkan internet hanya untuk sekedar hiburan semata. 


Beberapa dari mereka memilih untuk mencari tempat yang menyediakan Wifi gratis, seperti taman kota, Wifi Corner, warung kopi dan lain sebagainya. Seperti yang kita tahu, jaringan Wifi umumnya dilindungi oleh password agar tidak sembarangan orang bisa terhubung di dalamnya. Namun, tidak jarang dari kita secara diam-diam terhubung dengan Wifi tersebut. Caranya yakni dengan mengetahui passwordnya secara sembunyi-sembunyi. Tidak mudah namun cara ini benar-benar bisa dilakukan, salah satunya melalui program CMD di PC atau laptop. Berikut ini cara mengetahui password Wifi lewat CMD di PC atau laptop yang paling mudah. 

Cara Mengetahui Password Wifi Lewat CMD di Laptop 

CMD atau Command Prompt merupakan salah satu program bawaan yang tersedia di OS Windows. Program satu ini bisa Anda temukan di semua versi OS Windows, mulai dari Windows 7 hingga yang terbaru Windows 10. CMD umumnya digunakan untuk melakukan perbaikan sistem di Windows. 
Selain itu, fungsi lain dari CMD atau progam Command Prompt juga bisa digunakan untuk hack Wifi. Di sini Anda bisa dengan mudah mengetahui password jaringan Wifi yang ada di sekitar Anda. Adapun cara ketahui password Wifi lewat Command Prompt selengkapnya, sebagai berikut: 

  • Langkah yang pertama pastinya Anda perlu membuka program Command Prompt atau CMD di laptop. Caranya dengan klik kombinasi tombol Windows + R,  kemudian ketik cmd lalu tekan tombol Enter. 
  • Nantinya jendela Command Prompt akan ditampilkan di layar laptop. 
  • Untuk mulai melakukan pembobolan password Wifi, Anda ketik perintah “nets wlan show profiles” (tanpa tanda petik) lalu tekan tombol Enter. Perintah ini sendiri berguna untuk memunculkan list jaringan Wifi yang terhubung di perangkat PC atau laptop Anda. 
  • Selanjutnya Anda lakukan pengecekan status jaringan Wifi yang ingin diketahui passwordnya. 
  • Sebelumnya Anda tentukan jaringan Wifi mana yang ingin dibobol passwordnya. Kalau sudah, selanjutnya Anda ketik perintah “nets wlan show profiles (nama jaringa wifi target)” , kemudian tekan tombol Enter. Fokuslah pada bagian Security Settings, di sana tertera informasi keamanan dari jaringan Wifi Target. 
  • Selanjutnya Anda bisa langsung melakukan pembobolan password Wifi target tadi. Anda bisa mulai dengan mengetikkan perintah “nets wlan show profiles (nama Wifi target) key=clear”, kemudian tekan tombol Enter. 
  • Sekarang Anda fokus lagi ke bagian Security Settings, di sana ada tulisan baru yang ditampilkan yakni Key Content. Di sebelah Key Content tersebutlah password dari jaringan Wifi target tadi. 
  • Hubungkan perangkat laptop ke jaringan Wifi yang dipilih tadi, dan masukkan passowrd yang sudah didapatkan dari CMD. 
  • Selesai. 

Perlu Anda tahu, cara satu ini hanya bisa dilakukan pada jaringan Wifi yang sudah pernah terhubung dengan laptop Anda. Karena tujuannya memang hanya untuk mengetahui password dari sebuah jaringan Wifi, bukan melakukan hack Wifi yang belum pernah terkoneksi di laptop.  
Itulah tadi cara mengetahui password Wifi lewat CMD atau Command Prompt di Windows yang paling ampuh. Semoga informasi di atas bermanfaat.